Erman Zaruddin

Saya berasal dari Bengkalis, Riau, sekarang bertugas di Kemenag Bintan Kepri. Motto hidup :Kerja Keras ,Kerja Cerdas, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas.Bantu diri u...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru  Agen Perubahan dan Pilar Peradaban

Guru Agen Perubahan dan Pilar Peradaban

Guru adalah tenaga pendidik profesional di bidangnya yang memiliki tugas utama dalam mendidik, mengajar, membimbing, memberi arahan, memberi pelatihan, memberi penilaian, dan mengadakan evaluasi kepada peserta didik yang menempuh pendidikannya sejak usia dini melalui jalur formal pemerintahan berupa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengahr tugas guru sangat besar, sebagai agen perubahan guru merupakan ujung tombak pelaksanaan kurikulum di lembaga pendidikan.

Saat Halal BI Halal secara daring yang dilakukan oleh DPP PGRI, bukan main pujian yang diberikan kepada guru Guru: Pilar Peradaban." Pernyataan ini bukanlah lipstik belaka melainkan kenyataan yang terjadi.Peran guru sangat besar dalam melakukan perubahan . Guru adalah yang di gugu dan ditiru. Guru yang mengajarkan anak didik dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak memahami menjadi memahami, dari belum terdidik menjadi terdidik.Guru yang membimbing anak didik dan.menanamkan karakter kepada anak didik

Saat ini semua Guru melakukan pembelajaran secara daring, yang sebelumnya bukanlah cara belajar yang utama, namun untuk memberi bekal pengetahuan, pemahaman dan karakter yang baik kepada anak didik , maka guru berupaya memberikan pembelajaran dimasa Pandemi ini. Sungguh sangat tepat ketika dikatakan guru pilar peradaban

Menteri Agama mengungkapkan : "Setiap manusia harus memiliki bekal takwa . Dengan takwa manusia akan terbimbing dan memiliki akhlak mulia sebagai elemen penting dalam peradaban manusia.

Guru bertugas untuk memberikan pengetahuan dan membekali siswa dengan akhlak mulia.Dengan demikian peran guru sebagai pilar peradaban bangsa sangat nyata.".

Agar hal ini bisa terlaksana maka guru tidak bisa bekerja sendiri. Semua yang terlibat dengan dunia pendidikan harus saling bahu membahu, bergotongroyong mewujudkan kebersamaan dalam upaya melaksanakan tanggung jawab pendidikan. Pemerintah, Masyarakat, orang tua dan guru harus saling bekerjasama dan tolong menolong.

Peningkatan kualitas guru dan kesejahteraannya perlu mendapat perhatian serius. Ketika new normal di galakkan, ada baiknya guru juga diberi dukungan dalam memberikan pembelajaran, sarana prasarana yang dibutuhkan harus di tunjang agar cita cita peradaban baru bisa terlaksana. Upaya masiv memberikan pelatihan kepada guru juga harus menjadi perhatian serius sehingga peningkatan kualitas mereka juga meningkat.

PGRi merekomendasikan. Kepada pemerintah agar dimasa Pandemi merancang kurikulum yang aplikatif, mudah dan menyenangkan bagi murid, orang tua dan guru. Memberikan keluasan pada sekolah dan dinas pendidikan untuk mengembangkan prose pembelajaran,menyusun remodeling sistem pembelajaran era baru untuk meningkatkan motivasi murid dan guru, menyusun pembelajaran yang kolaboratif dan tidak membebani.

Pelaksana terhadap kurikulum yang dibuat diaplikasikan oleh guru. Oleh karena itu mari seluruh guru di Indonesia berikan bukti nyata jika guru adalah pilar peradaban. Teruslah berkarya dan berjaya.

Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama, guru mati meninggalkan karya.

Teruslah berkarya. Jadilah agen perubahan dan wujudkan peradaban yang lebih baik.

#Tantangan hari ke 48

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

namanya: guru penggerak

07 Jun
Balas

Siap.

07 Jun

Untuk menjadi agen perobahan banyak hal yang harus dipenuhi dan dibenahi. Banyak keterbatasan yang perlu diperbaiki baik dari dalam diri guru sendiri maupun dari luar. Tanpa dukungan semua pihak maka perubahan tidak mungkin terlaksana. Terima kasih Pak. Tunjuk ajarnya sangat diharapkan.

07 Jun
Balas

Betul itu. Sebagai agen perubahan, maka dia harus mau berubah dulu

07 Jun

Tulisan yang menyengarkan hati para guru. Semoga kita semua guru bisa menjadi agen perubahan bagi siswanya.

07 Jun
Balas

Aamiin.jangan ragu membagi ilmu. Disitulah ikhlas diuji padamu

08 Jun

Masyaallah...luar buasa pak...

07 Jun
Balas

Terimakasih buk siti

07 Jun

Menjadi agen perubahan dan mewujudkan peradaban yang lebih baik itu harus dengan semangat dan usaha yang tinggi, terima kasih sudah mengingatkan serta memberi semngat pak

07 Jun
Balas

Semoga lelah jadi lillah

07 Jun

makin keren, inspiratif, dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk banyak orang.

07 Jun
Balas

Aamiin. Terimakasih pak timbul Harahap.

07 Jun

sama-sama pak

07 Jun

Guru adalah agen...!! Semiga guru2 mampu utk selalu berinivasi dalam memberikan pembelajaran

07 Jun
Balas

Aamiin

07 Jun



search

New Post